Lapor Pajak Banner Horizontal

Running Text Sosialisasi e-Filing

Cara Lapor Pajak Online Melalui e-Filing




e-Filing
Secara umum, e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan pajak elektronik secara online dan real time melalui situs resmi pajak DJP Online (https://djponline.pajak.go.id) atau ASP (Application Service Provider) penyedia layanan SPT elektronik untuk memberikan kemudahan bagi WP (Wajib Pajak) dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada direktorat jenderal pajak secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah serta ramah lingkungan. Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi Drop Box maupun KPP (Kantor Pelayanan Pajak).

Setidaknya terdapat 7 (tujuh) keuntungan yang diperoleh oleh Wajib Pajak jika menggunakan fasilitas e-Filing untuk melaporkan SPT pajak secara online.
Ketujuh keuntungan tersebut adalah:

  1. Penyampaian SPT pajak dapat dilakukan secara cepat, aman, dimana saja dan kapan saja (24x7).
  2. Murah, karena tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT.
  3. Penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer.
  4. Kemudahan dalam mengisi SPT karena pengisian SPT dalam bentuk formulir maupun panduan.
  5. Data yang disampaikan oleh WP selalu lengkap karena ada validasi pengisian SPT.
  6. Ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan kertas (less paper).
  7. Dokumen pelengkap (fotokopi Formulir 1721 A1/A2 atau bukti potong PPh, SSP Lembar ke-3 PPh Pasal 29, Surat Kuasa Khusus, perhitungan PPh terutang bagi WP Kawin Pisah Harta dan/atau mempunyai NPWP sendiri, fotokopi Bukti Pembayaran Zakat) tidak perlu dikirim lagi, kecuali diminta oleh petugas KPP (Kantor Pelayanan Pajak).
Saat ini Wajib Pajak dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung menggunakan fasilitas atau aplikasi e-Filing DJP Online untuk jenis formulir sbb.:
  1. SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi Formulir 1770 S
    Digunakan bagi WP Orang Pribadi yang sumber penghasilannya diperoleh dari satu atau lebih pemberi kerja dan memiliki penghasilan lainnya yang bukan dari kegiatan usaha dan/atau pekerjaan bebas. Contohnya: karyawan, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), serta Pejabat Negara lainnya, yang memiliki penghasilan lainnya antara lain sewa rumah, honor pembicara/pengajar/pelatih dan sebagainya.
  2. SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi Formulir 1770 SS
    Formulir ini digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) setahun (penghasilan diperoleh dari satu atau lebih pemberi kerja).  
http://www.laporpajakonline.com/p/1770s.htmlhttp://www.laporpajakonline.com/p/formulir1770ss.html


Cara Lapor Pajak Online dengan e-Filing
Untuk dapat melaporkan pajak Anda secara online melalui fasilitas e-Filing, Anda harus melalui 3 (tiga) tahapan utama. Dua tahapan pertama hanya dilakukan sekali saja. Sedangkan tahapan ketiga dilakukan setiap kali Anda menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan pajak Anda, yakni sebelum tanggal 31 Maret setiap tahunnya.
Jika Anda sudah pernah melaporkan pajak melalui fasilitas e-Filing, maka Anda bisa langsung ke tahapan ke-3.
Namun jika Anda baru pertama kali melaporkan SPT pajak Anda menggunakan fasilitas e-Filing maka Anda harus melalui 3 (tiga) tahapan sebagai berikut:

1. Mengajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat.
Karena hanya sekali digunakan, Anda hanya perlu sekali saja mengajukan permohonan untuk mendapatkan e-FIN tersebut.
Cara pengajuannya sangat mudah, yakni:
  1. Datanglah ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Untuk memperlancar proses jangan lupa membawa pulpen, asli dan foto copy KTP serta kartu NPWP
  2. Mintalah formulir permohonan e-FIN di bagian informasi di KPP. Formulirnya seperti berikut: 

  3. Isi formulir tersebut dengan benar dan lengkap dan kemudian tanyakan ke loket mana formulir yang telah diisi tsb. harus diserahkan (biasanya ada loket khusus sehingga tidak menunggu antrian panjang) 
  4. Setelah pengajuan disetujui maka kita akan diberikan e-FIN seperti contoh berikut:

 

2. Mendaftarkan diri sebagai WP e-Filing di situs https://djponline.pajak.go.id paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.

Cara mendaftarkannya sangat mudah, yakni:
1. Akses situs https://djponline.pajak.go.id sehingga muncul tampilan sbb.:


2. Karena Anda belum terdaftar, klik daftar di sini sehingga muncul tampilan berikut ini:
  I
I
3. Isi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)* tanpa tanda titik (.) dan dash (-), EFIN* (yang didapat dari KPP), dan Kode Keamanan. Kemudian klik Verifikasi untuk memverifikasi kesesuaian nomor NPWP Anda dengan nomor e-FIN yang Anda dapatkan dari KPP. 


Selanjutnya nama Anda akan muncul secara otomatis. Kemudian isi Email*, Nomor Handphone* (diawali dengan kode negara, contoh 6281012345678), Password*, Konfirmasi Password* lalu klik Simpan.
Terkadang Anda mengalami kegagalan dalam proses verifikasi ini. Kegagalan dalam verifikasi antara lain disebabkan oleh:
a) NPWP tidak valid, disebabkan oleh karena Anda salah memasukkan NPWP, solusinya silakan ketik NPWP dengan benar tanpa tanda titik (.) dan dash (-).
b) e-FIN belum aktif, solusinya silakan Anda datang ke KPP (Kantor Palayanan Pajak) terdekat untuk mengaktifkan e-FIN Anda.
c) NPWP sudah terdaftar, sebagian besar disebabkan karena Anda sudah pernah melakukan registrasi tapi mungkin Anda lupa password untuk login, solusinya silakan Anda akses ke situs https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Kemudian pada bagian Lupa email? Centang Ya dan masukkan alamat email Anda. Masukkan NPWP*, EFIN*, Email*, dan Kode Keamanan*, lalu klik
Submit. Kemudian cek email Anda, klik tautan yang diberikan dan buatlah password baru. Silakan gunakan password ini untuk login selanjutnya dan Anda tidak harus mendaftar atau registrasi kembali.
 
Jika registrasi BERHASIL maka akan muncul dialog box seperti di bawah ini. Klik OK dan silakan cek email Anda.

Sebagai catatan, nomor NPWP akan menjadi username Anda untuk login DJP Online selanjutnya. Sebaiknya Anda mengetikkan NPWP Anda pada notepad sehingga Anda tinggal copy-paste NPWP setiap Anda login setelah Anda terdaftar.

4. Setelah Anda klik OK, silakan cek pesan pada email Anda untuk melakukan aktivasi. Klik pada tautan yang diminta, seperti tampilan berikut ini:
I 
Jika aktivasi BERHASIL maka akan muncul pemberitahuan seperti di bawah ini:
Klik OK untuk masuk ke menu Login.

5. Pada menu Login, silakan masukkan NPWP, password dan kode keamanan Anda, selanjutnya klik Login.

6. Setelah masuk ke menu Layanan DJP Online seperti tampilan berikut:
I

7. Setelah masuk ke menu Layanan DJP Online, klik gambar e-filing atau tab E-Filing sehingga muncul tampilan berikut:

I
Kemudian lakukan tahap ketiga atau tahap terakhir berikut ini:

3. Melaporkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi menggunakan Fasilitas e-Filing melalui situs https://djponline.pajak.go.id 

Jika Anda sudah terdaftar sebagai WP e-Filing, silakan akses ke situs https://djponline.pajak.go.id. Kemudian masukkan NPWP (tanpa tanda titik (.) dan dash (-)), password Anda, dan kode keamanan, selanjutnya klik Login.


Setelah berhasil Login, Anda akan masuk ke menu Layanan DJP Online seperti langkah 6 dan 7 pada Tahap Kedua (mendaftarkan diri sebagai WP e-Filing) seperti tampilan berikut:


Setelah masuk ke menu Layanan DJP Online, klik gambar e-filing atau tab E-Filing sehingga muncul tampilan berikut:

Berikutnya 4 (empat)  langkah prosedural yang harus Anda lakukan untuk menyampaikan SPT Tahunan  secara online melalui e-Filing, adalah:
1. Mengisi e-SPT pada aplikasi e-Filing dengan mengklik "Buat SPT" maka akan muncul beberapa pertanyaan. Dalam contoh pengisian e-SPT ini diasumsikan Anda tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, Anda tidak pisah harta dengan suami/istri dan penghasilan bruto Anda dalam setahun kurang dari Rp. 60 juta seperti berikut:


*Catatan: Jika Anda seorang istri yang memiliki NPWP sendiri (misalnya dibuatkan secara kolektif oleh tempat kerja) dan hendak melakukan kewajiban melaporkan pajak sendiri, baca aturan UU PPh Pasal 8 ayat 1 di sini dan Penjelasannya di sini).


Setelah Anda mengklik “SPT 1770 SS" maka Anda akan mulai mengisi formulir SPT 1770 SS dengan melengkapi Daftar Formulir seperti: Tahun Pajak, Status SPT (pilih normal jika belum pernah melaporkan atau pilih pembetulan dan isi pembetulan ke berapa, jika sudah pernah melaporkan/mengirimkan SPT tahun pajak di atas dan akan melakukan koreksi/pembetulan), lalu klik Berikutnya, seperti berikut:

Baca Juga: Petunjuk Lengkap Pengisian SPT 1770SS dalam Bentuk Formulir

Jika penghasilan bruto Anda dalam setahun lebih dari atau sama dengan Rp. 60jt., Anda pilih Tidak. Selanjutnya Anda akan mengisi formulir 1770 S dengan pilihan form dalam bentuk Formulir atau dengan panduan. Jika Anda memilih Dengan Bentuk Formulir akan muncul tampilan seperti berikut:


Setelah Anda mengklik "SPT 1770 S dengan formulir" maka akan muncul tampilan seperti berikut:

I
Baca Juga: Petunjuk Lengkap Pengisian SPT 1770S dalam Bentuk Formulir

Sedangkan jika Anda memilih dengan panduan akan muncul tampilan berikut:


Setelah Anda mengklik "SPT 1770 S dengan panduan" maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Seperti pengisian Data Formulir 1770 SS, lengkapi Daftar Formulir 1770 S yakni: Tahun Pajak, Status SPT (pilih normal jika belum pernah melaporkan atau pilih pembetulan dan isi pembetulan ke berapa, jika sudah pernah melaporkan SPT tahun pajak di atas dan akan melakukan koreksi/pembetulan), lalu klik Langkah Berikutnya
Selanjutnya isi secara bertahap formulir online seperti mengisi SPT manual pada kertas. Contoh untuk bentuk formulir, isi mulai dari Data Form, Lampiran II, Lampiran I baru kemudian Induk. Butuh waktu sekitar 10-20 menit untuk mengisi secara keseluruhan. Untuk memperlancar pengisian e-SPT, siapkan beberapa dokumen diantaranya formulir 1721 A1 atau 1721 A2, NOP Rumah, No BPKB mobil dan/atau motor untuk daftar kekayaan akhir tahun dan Kartu Keluarga untuk melengkapi daftar susunan keluarga. 

Petunjuk detail pengisian SPT 1770 S (contoh dalam bentuk formulir) dapat dilihat di laman "Petunjuk 1770S". Sedangkan untuk petunjuk detail pengisian SPT 1770 SS dapat dilihat di laman "Petunjuk 1770SS" dibagian atas situs ini.

2. Jika semua data sudah diisi dengan lengkap dan benar maka Anda sudah siap mengirimkan SPT secara online. Namun sebelum mengirimkannya, untuk alasan keamanan Anda harus memiliki kode verifikasi. Kode verifikasi diperoleh dengan mengklik Ambil Kode verifikasi [di sini]. Pastikan server code yang Anda terima sesuai. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menginformasikan bahwa Token telah dikirim ke email Anda, seperti berikut:



Klik OK. Selanjutnya cek pesan pada email Anda dan Anda akan mendapatkan kode verifikasi seperti berikut (angka hanya contoh):

3. Masukkan Kode Verifikasi di atas dan klik "Kirim SPT" maka SPT Anda akan terkirim secara online seperti di bawah ini:


4. Jika SPT Anda telah berhasil dikirim maka Anda akan kembali ke menu awal Daftar SPT. Pastikan bahwa jenis SPT, Tahun/Masa Pajak, Status dan Jumlah telah sesuai dengan yang telah Anda laporkan, seperti tampilan berikut:


Beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Elektronik yang akan dikirimkan kepada Anda melalui email. Silakan cek email Anda dan Anda akan menerima pesan dari efiling@pajak.go.id seperti berikut (hanya contoh):


Simpan soft copy Bukti Penerimaan Elektronik ini sebagai tanda bahwa Anda sudah melaporkan pajak tahunan secara online.

Nah mudah bukan? Ayo tunggu apa lagi, segera datang ke KPP untuk memperoleh e-FIN dan dapatkan kemudahan pelaporan SPT Anda secara online
Jika Anda memiliki masukan dan saran, silakan hubungi kami di sini

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pajak, Anda juga dapat menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id


Berikut Tutorial Video Cara Melaporkan Pajak Secara Online:





Sumber: pajak.go.id, telah diolah kembali tanpa mengurangi isi dan substansi.


118 comments:

  1. Pelaporan pajak online diperpanjang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sampai 30 april 2016, saya baca pengumumannya di kpp gajah mada he he

      Delete
    2. Apakah yg di laporkan hanya spt ps 21 saja,klo ps 22 dan ppn nya bagai mana......timks atas jawabannya

      Delete
    3. Apakah yg di laporkan hanya spt ps 21 saja,klo ps 22 dan ppn nya bagai mana......timks atas jawabannya

      Delete
    4. Silakan saja pak Syarifudin di-share untuk membantu teman-teman atau saudara dalam melaporkan pajak secara online. Terima kasih.

      Delete
  2. Iya, diperpanjang sampai 30 April 2016 sesuai pengumuman dari dirjen pajak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak adanya bukti penerimaan elektronik untuk penyampaian SPT elektronik dari dirjen pajak ke email wajib pajak apa ya penyebabnya?

      Delete
    2. Ada beberapa kemungkinan, seperti:
      1. Akun email yang Anda berikan tidak valid dan/atau tidak bisa menerima email.
      2. Jika Anda menggunakan alamar email kantor, disarankan Anda bertanya ke admin mail server di kantor Anda, apakah email Anda sudah masuk ke mail server atau belum
      3. Jika Anda menggunakan email free, spt Gmail pastikan periksa seluruh folder email Anda termasuk folder Spam/Junk/Bulk, karena ada kemungkinan bukti penerimaan elektronik masuk ke dalam folder-folder tersebut.
      4. Jika semua sudah Anda lakukan, saya sarankan Anda datang ke KPP untuk menanyakan masalah ini atau menghubungi layanan Kring Pajak di nomor telepon 021 1500 200.
      Terima kasih.

      Delete
  3. saya sudah aktif dan login berhasil tapi e-fillingnya ko gak atif di tabnya, mohon penerangan soalnya saya blm lapor spt niy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah coba juga dan memang belum bisa. mungkin sedang ada gangguan atau maintenance di sistem, server atau jaringan pajak. silakan dicoba kembali nanti. terimakasih.

      Delete
  4. haloooooo....tolong ada yang bisa jelaskan ke saya kenapa capctha nya ganti trus setiap saya klik verifikasi? dan akhirnya dia bilang capctha saya tidak sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bu Etna sepertinya kemarin memang ada masalah. Coba kembali harii ni apakah masalah yg sama masih terjadi. Jika masih, silakan hub pengaduan resmi pajak di 021-1500200 atau email pengaduan@pajak.go.id.

      Delete
  5. punya saya malah npwp belum terdaftar itu gimana,???? pdahal kemaren kata petugas npwp sudah aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai informasi yg saya ketahui bahwa jika npwp belum terdaftar maka yg hrs dilakukan adalah datang ke KPP. Di KPP pun ada intranet djponline yg bisa dicoba langsung di sana dg disaksikan petugasnya jika memang ternyata belum aktif.

      Delete
  6. Tiap x saya klik gambar e filing setrlah login.menu nya gak mau muncul malah tetep gambar semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak Agus. masalahnya sama dg yg ditanya pak Bambang. Linknya sptnya error/tidak ditemukan shg kembali lagi ke main menu.

      Delete
  7. kalau non online time limitnya sampai kapan ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non online sampai 31 Maret 2016. Setelah itu kena sanksi berupa denda 100rb utk WP OP dan 1 juta untuk WP Badan.

      Delete
    2. kalau time limit yang online terhitung kapan ya

      Delete
  8. saya sdh mendaftar, tapi ketika mau mengisi spt dan saya klik gambar e-filing....tidak bisa masuk/buka utk memulai pengisian...saya sdh ulang 5 kali tetap sama....bgmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba sudah bisa. Coba pakai url ini (setelah login) kalau masih belum bisa: https://efiling.pajak.go.id/default

      Delete
    2. saya coba barusan, link-nya masih belum bisa.
      mohon info link lain bila ada. bila tidak ada, mohon info solusinya.
      tks.

      Delete
    3. link-nya hanya itu. pastikan Anda telah login terlebih dahulu kemudian copy di browser link tsb. jika belum bisa, silakan menghubungi layanan informasi resmi informasi dan pengaduan pajak di 021 1500200 atau email di pengaduan@pajak.go.id

      Delete
  9. awalnya tercantum npwp saya belum terdaftar, kemudian saya coba beberapa kali dan minta security code berulang-ulang ga tau sampe kapan selesainya. itu gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika security code (kode keamanan) yang dimasukkan sudah benar namun yang muncul adalah pesan error yg menyatakan security code salah maka besar kemungkinan server atau jaringan busy. Silakan coba lagi beberapa jam kemudian. terima kasih.

      Delete
  10. udh bisa masuk kok pi setelah ngisi sampai akhir (setuju) kenapa g bisa lagi n slalu error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan jaringan atau server busy. Coba login kembali dan pilih Submit SPT di bagian atas. Jika muncul berarti isian Anda telah tersimpan (dalam bentuk draft). Pilih Ubah SPT jika ada yg diedit atau Kirim SPT jika tinggal mengirimkan.

      Delete
  11. Sudah bisa masuk, sudah isi sampai akhir,sampai masukan kode verifikasi untuk permintaan buktinya di email, tp bukti penerimaan electoniknya gak di email sampai hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan periksa seluruh folder email Anda termasuk folder Spam/Junk/Bulk, karena ada kemungkinan bukti penerimaan elektronik masuk ke dalam folder-folder tersebut.
      Namun jika Anda tidak menemukannya, silakan Anda datang ke KPP untuk menanyakannya atau hubungi kring pajak 021 1500 200

      Delete
  12. selamat pagi,, saya baru bikin npwp tgal 27 februari 2016 ini,, apakah saya harus tetap lapor walopun baru 1 bulan,, mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Anda menanyakan ke KPP terdekat agar mendapatkan jawaban yg tepat dan valid. Namun menurut saya, karena tahun pajak yg kita laporkan tahun ini adalah tahun pajak 2015 maka seharusnya jika Anda baru memiliki npwp tahun ini maka Anda baru akan melaporkannya di tahun 2017 nanti. terima kasih.

      Delete
  13. Seperti keluhan Pak Albertus, saya sdh mendaftar, tapi ketika mau mengisi spt dan saya klik gambar e-filingtidak bisa masuk/buka utk memulai pengisian,saya sdh ulang10 kali tetap sama. Sudah juga mencoba seperti yang disarankan mengakses https://efiling.pajak.go.id/default, tetap tidak bisa. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena situ kami adalah situs independen dan tidak terkait langsung dengan situs resmi pajak maka kami tidak memiliki alasan yang pasti kenapa hal ini terjadi. Kami juga sudah mencoba akses ke e-filing namun sama dengan Anda tetap belum bisa. Saran kami, silakan Anda menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id. Terima kasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

      Delete
    2. Saya sudah coba siang ini dan bisa masuk ke menu e-filing. Silakan dicoba lagi sekarang (11 April 2016 11:44). Terima kasih.

      Delete
  14. setelah masuk djponline login kok pesan kesalahan muncul,pengguna belum aktif.padahal setelah registrasi,terbilang sdh terdaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Anda sudah mengklik link aktivasi yg dikirimkan ke alamat email yg Anda daftarkan. Jika sudah, saran kami coba ulangi beberapa waktu kemudian. Jika masih sama silakan datang ke KPP terdekat untuk mengaktifkannya. terima kasih.

      Delete
  15. Saya baru buan NPWP tgl 11 april, apakah itu wajib lapor? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda bekerja pada satu pemberi kerja maka Anda harus mendapatkan formulir 1721 A1 atau A2 untuk mengisi bukti potong pajak. Apakah Anda sudah memilikinya? Namun untuk lebih jelasnya silakan Anda menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200.

      Delete
  16. wah e-billingnya masih gak aktif ... beda perusahaan dalam 1 tahun alhasil pajak kurang bayar, begitu e-filling sudah bisa eeeh e-billingnya belum ... gimana mau bayar ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan Anda melaporkan pengaduan Anda ke layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id.
      Kami bukanlah situs yg berafiliasi dg direktorat jenderal pajak. Terima kasih.

      Delete
  17. Permohonan eFIN ke KPP bisa diwakilkan sama istri gak ya dengan membawa dokumen suami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai PER-41/PJ.2015 pasal 4 ayat (3) butir (a) Permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.

      Delete
  18. setelah masuk ke DPJonline ko efilingnya gak bisa dibuka padahal di kantor pajak barusan bisa knp drmh sendriri tidak bisa..??
    saya mau prin bukti pelaporanya saat di kantor pajak printnya offline..

    saran : segera tambah server yang lebih besar agar jaringan tidak terganggu..dan bisa diakses seluruh indonesia. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa hari terakhir ini memang akses ke menu e-filing memang sering mengalami gangguan. Kami tidak mengetahui secara pasti gangguaanya apakah karena kapasitas server atau gangguan jaringan. Jika dicoba di kantor pajak (menggunakan INTRANET) bisa, namun dari rumah/kantor (menggunakan INTERNET) tidak bisa, kemungkinan masalahnya di jaringan. Demikian dan terima kasih atas sarannya.

      Delete
  19. Bapak/Ibu, Kenapa e-filingnya ga bisa di akses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn kami bukanlah situs yg berafiliasi dg direktorat jenderal pajak maka kami tidak mengetahui secara pasti penyebab gangguannya. Saran kami coba lagi beberapa jam kemudian.

      Delete
  20. dari pagi sudah mencoba daftar tapi tidak bisa, dgn berita kode keamanan slalu berubah2, npwp tidak terdaftat, kode keamanan salah,lewat april akan didenda 100rb..sudah byr pajak, namun mau melaporkan saja sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, silakan melaporkan pengaduan Anda ke layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id.
      Kami bukanlah situs yg berafiliasi dg direktorat jenderal pajak.

      Delete
  21. sudah isi SPT, tinggal kirim tapi selalu gagal di bagian akhir
    pas bagisn kirim SPT di klik ga terjadi apa apa
    terus pas di klik selesai malah error
    bagai mana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada masalah di server atau jaringan. Jika tinggal kirim, biasanya data isian Anda sudah tersimpan di draft. Pilih menu Submit SPT ketika Anda login kembali jika server/jaringan sudah normal kembali.

      Delete
  22. Pas pilih Tab E-filling kok ga bisa" yaa?
    Kira" rekomendasi untuk browser'a apa ya?
    saya sudah menggunakan Mozilla & IE.

    Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami pastikan kesalahan bukan pada browser Anda karena masalah yg sama juga terjadi pada yang lain. Kami tidak tahu persis masalahnya apakah krn server atau jaringan pajak. Saran kami, silakan dicoba kembali nanti.

      Delete
  23. Kalau penghasilan dari krja tidak tetap (serabutan) gimana cara melapornya? Trus form A1 dan A2 sebagai panduan utk mengisi form 1770 S dan 1770 SS minta sm siapa? Mohon petunjuk bos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Edy, kalau bapak kerja tidak tetap atau tidak bekerja pada perusahaan maka bapak harus memilih Ya pada pertanyaan Apakah Anda melakukan usaha atau pekerjaan bebas? Dan form yang digunakan adalah form 1770 tanpa S atau SS dan tidak menggunakan form 1721 A1 atau A2. Form 1721 A1 dan A2 hanya digunakan oleh WP yang pajaknya (PPh) telah dipotong atau dibayarkan oleh pemberi kerja/perusahaan.

      Delete
  24. slmt siang, pada saat sy memilih fotmat buat spt yang bagian dengan bentuk formulir 1770 s dengan formulir malah yang keluar eror 404 laman yang dicari tidak tersedia , mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, silakan dicoba kembali. Terima kasih.

      Delete
  25. selamat siang, saya sudah bisa login, tapi pas klik gambar e-fillingnya kenapa nggak bisa, dan kembali lagi ke menu awal
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ibu Nurul. Seperti yang telah dikemukanan di komentar di atas (komentar sebelumnya) bahwa jika gambar e-filing atau tab e-filing tidak me-response maka kemungkinan ada gangguan pada server datu jaringan internet, silakan dicoba kembali beberapa saat kemudian. Terima kasih.

      Delete
  26. selamat sore. saya hendak menyampaikan SPT melalui efilling. apakah saat ini masih bisa mengajukan di kpp terdekat utk mendapatkan efinnya? dan apakah proses pembuatannya selesai di hari yang sama? terima kasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan datang ke KPP terdekat untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan akurat. Terima kasih.

      Delete
  27. d kami ada kurang lebih 500 pegwai,malah sy telah mengundang beberapa perwakilan untuk tutorial pelaporan pajak taunan, kami lakukan di hari sabtu tepatnya 16 april alhamdulilah djp online nya ngga bisa kebuka kami tunggu sd sore tetep. besoknya sama,dan hari ini sy coba bisa masuk pas di tampilan isi data formulir tidak mau pindah ke tahapan selanjutnya,Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Silakan menginformasukan pengaduan Bpk/Ibu ke layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id.
      Kami bukanlah situs yg berafiliasi dg direktorat jenderal pajak.

      Delete
  28. sudah berulang kali saya mencoba melapor SPT tetap tidak bisa.
    situs djponline-nya bisa terbuka,tetapi saat di klik "SPT 1770 S dengan formulir" malah yang muncul "https://efiling.pajak.go.id/err/404". tolong dong solusinya?
    saran saya sebaiknya perkota ada jadwal/waktu peng-online-nan data pajak ini, supaya tidak error situs pajak ini. dan kekecewaan kami tidak bertambah-tambah di djp online ini. terima kasih. saya tunggu sekali solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya. Kami sarankan Bpk/Ibu menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id
      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

      Delete
  29. saya sudah isi SPTnya serakang mw krim gimana caranya !! tidak ada kirim disitu yang ada cuma download PDf dan buat pembetulan.mohon bantuannya. trima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda sudah isi semua datanya dan kembali ke menu awal. SIlakan cari tab atau menu Submit. Di sana akan terlihat menu kirim SPT. Namun jika Anda tidak menemukannya mohon maaf kami belum bisa membantu. Silakan menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id

      Delete
  30. setiap sudah selesI isi dan pernyataan langsung deh muter procesing gak pernah selesai. udah beberapa hari dan beberapa kali selalu mentok disitu. gimana bisa lapor pajak kalo gini terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
      Kami sarankan Bapak menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id

      Delete
  31. BAGAIMANA BISA LOG IN. password LOGin nya belum masuk ke email..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password untuk login ke djponline, Bapak sendiri yang membuat saat registrasi e-fin. Namun jika Bapak belum menerima email aktivasi, silakan Bapak memeriksa seluruh folder email Bapak termasuk folder Spam/Junk/Bulk, karena ada kemungkinan email aktivasi masuk ke dalam folder-folder tersebut.
      Namun jika Anda tidak menemukannya, silakan Anda datang ke KPP untuk menanyakannya atau hubungi kring pajak 021 1500 200

      Delete
  32. Saya sudah coba berkali-kali, untuk lapor pajak tp saat masuk tahap formulir spt 1770ss kenapa tidak bisa langsung tampil formulir sptnya tapi yg tampil upload spt masa/ tahunan, jadi tidak bisa isi data di SPT 1770SS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mungkin bisa dicoba kembali. Namun jika masih tetap sama, kami sarankan ibu menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id
      Terima kasih.

      Delete
  33. Maaf mau tanya.bisa ngaak kalo minta e-fin di kpp yang berbeda dengan yang terdaftar di npwp.misalnya terdafatar di kpp pratama A.tapi minta e-fin di kpp pratama B.soalnya jauh lebih dekat dengan posisi tempat tinggal. Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petunjuknya adalah meminta e-FIN ke KPP terdekat dan mengingat sistem sudah online seharusnya bisa. Jangan lupa membawa KTP, dan Kartu NPWP Anda.

      Delete
  34. kalau untuk pendaftaran EFIN/E-filling bebaskan di kantor kpp mana saja gak harus kantor kpp kota asal bikin npwp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn petunjuknya adalah mengajukan e-FIN ke KPP terdekat maka seharusnya bisa asalkan sistem tidak off line.

      Delete
    2. kalau untuk pendaftaran EFIN/E-filling bebaskan di kantor kpp mana saja gak harus kantor kpp kota asal bikin npwp

      Delete
    3. kalau untuk pendaftaran EFIN/E-filling bebaskan di kantor kpp mana saja gak harus kantor kpp kota asal bikin npwp

      Delete
  35. saya bekerja di salah satu tenaga perbantuan di salah satu perusahaan BUMN. Bendera (perusahaan yang menaungi saya berganti setiap tahunnya. dengan catatan saya pekerja lumpsum di di perusahaan BUMN tersebut. untuk mengetahui apakah perusahaan yang menaungi saya selalu bayar pajak, bisa cek dimana ya??
    Kemudian, setelah saya aktifkan EFIN saya dan coba masuk ke DPJ Online, saya hanya bisa akses E-filing ajah. pasay saya rubah akses dengan centang e-tracking & e-billing koq ga bisa ya?? mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf pertanyaan ini diluar wewenang kami, silakan menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200. Terima kasih.

      Delete
  36. Siang..efiling saya tdk berhasil dikarenakan tidak ada no npwp bpjs. Sdgkan bukti potong pajak yg saya dpt memang no npwp pemotongnya koaong. Saya hrs bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, kami tidak memiliki jawaban atas pertanyaan Ibu/Sdri. Natalia. Sebaiknya Ibu/Sdri. bertanya ke KPP terdekat atau menghubungi layanan resmi Informasi dan Pengaduan Pajak di Kring Pajak (021) 1500 200 atau email ke pengaduan@pajak.go.id

      Delete
  37. Mohon bantuan, untuk lapor pajak badan apa saja yang perlu dipersiapkan

    ReplyDelete
  38. Saya tdk bisa daftar dg keterangan membayar pajak lebih

    ReplyDelete
  39. Kalau yang jauh dari Kantor Pajak, seperti di Kabupaten Nduga papua, bagaimana? Karena tik ada kantor pajaknya. Yang paling dekat ada di Kabupaten jayawijaya, tetapi harus naik pesawat dan tiketnya mahal.... Solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
  40. Kami yang berada jauh dari Kantor Pajak, bagaimana mendapatkan E-Filling? Kami di Kabupaten Nduga Papua dan mau ke kantor Pajak harus naik pesawat dan tiketnya pulang pergi jutaan rupiah, bagaimana solusinya? Mohon info.

    ReplyDelete
  41. Malam, saya sudah mendapatkan form 1721 A1 dari kantor yg sudah dibayarkan, lalu sy harus bagaimana

    ReplyDelete
  42. bagaimana bila email yang dipakai saat daftar npwp d lupa???

    ReplyDelete
  43. kalau email yg d gunakan saat mendaftar npwp d lupa.... bagaimana y??

    ReplyDelete
  44. Bgaimana solusi kalo status pembetulan suah dilakukan SPT lain,pdhal blom ada SPT pembetulan gmna solusinya??

    ReplyDelete
  45. Maaf admin, ayah saya ingin mengisi e-filling tapi sudah lewat tenggang waktu, apakah masih bisa? Dahulu sudah pernah mengisi tapi selalu gagal pada tahap akhir. Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Mas MBak Admin...

    Mau tanya, kalau mau print SPT 2015 di mana ya?

    Cuma ada fitur Arsip SPT, tapi tidak ada menu print SPT, hanya view saja.

    Trims

    ReplyDelete
  47. bagai mana melapor pajak sekarang

    ReplyDelete
  48. Batas masa pajak sudah ditentukan.pajak manual (SSP) bank tidak mau menerima. Harus pakai E-Filling. Sesudah login mau cetak tidak bisa selalu muncul ke menu semula login teruus. mohon solusinya.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. saya udah ngelakuin sesuai prosedur diatas bro, udah daftar and masukin efin tapi kok belum dapet email buat verifikasi ya??

    ReplyDelete
  51. djponline.pajak.go.id error...
    ada alternatif ga ya alamat web nya..

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. Bagaimana melihat/membuka SPT 1770 ku yang sudah dilapor online? disana hanya ada pilihan kirim ulang BPE dan Lihat BPE..trims

    ReplyDelete
  54. saya wajib pajak pribadi yang mendaftar tahun 2011.saya belum pernah melakukan pelaporan SPT tahunan.pada bulan pebruari 2016 kemarin saya minta cetak kartu NPWP ulang ke KPP dikarenakan kartu npwp saya hilang. lalu bulan september ini saya mendaftar untuk mendapatkan nomor EFin.nomor EFin saya sudah keluar yang ingin saya tanyakan untuk registrasi E-Filling di situs djponline apakah 30 hari setelah E-Finsaya diterbitkan.dan jika saya meregistrasi E-Filing saya(30 hari) terhitung dari tanggal 15 september berarti sekitar bulan Oktober saya meregistrasi apakah saya akan terkena potongan pajak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kami tidak dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Untuk lebih jelasnya silakan Anda datang ke KPP atau menghubungi Layanan Kring Pajak di nomor telepon 021 1500 200.

      Delete
  55. Selamat pagi, saya sudah pernah daftar E-fin akantetapi saya lupa nomor E-fin dan passwordnya, bagaimana saya restorenya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan Anda mencari kembali lembaran E-FIN terlebih dahulu untuk melihat nomornya, kemudian masuk ke https://djponline.pajak.go.id/resetpass . Lalu masukkan no NPWP dan nomor E-FIN, kemudian klik Submit.
      Namun jika Anda tidak menemukan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat dengan membawa kartu NPWP Anda.

      Delete
  56. Saya mau tanya kenap kode verifikasi untuk pengiriman SPT kok tidak bisa masuk diEmail padahal Email aku cek udah sama dan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika email sudah benar dan jika Anda menggunakan email free, spt Gmail pastikan periksa seluruh folder email Anda termasuk folder Spam/Junk/Bulk. Jika semuanya sudah diperiksa dan kode verifikasi untuk pengiriman SPT belum masuk di email, silakan hubungi KPP terdekat atau hubungi Kring Pajak di nomor telepon 021 1500 200

      Delete
  57. Mohon bantuanya saya sdh kirim laporan .tp kode verifikasi dikirim lewat emai. Kok di email saya lama blm masuk apa solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda menggunakan email free, spt Yahoo, Gmail pastikan periksa seluruh folder email Anda termasuk folder Spam/Junk/Bulk. Jika Anda menggunakan email kantor yang menggunakan proxy server, mohon ditanyakan ke admin mail server apakah email yang dimaksud sudah masuk ke mail server. Jika semuanya sudah diperiksa dan kode verifikasi belum masuk di email, silakan hubungi KPP terdekat atau hubungi Kring Pajak di nomor telepon 021 1500 200. Demikian dan terima kasih.

      Delete
  58. Mf pnya sy sdh mo akhir tp pas d klik kode verfikasi ko tulisan nya(REQUEST TOKEN TIDAK BERHASIL silahkn ulangi kmbli tp sdh sy ulang br x x ttp ga bsa knp ya mhon pncrhan ny... Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan server error. Ibu bisa pakai sever yg kedua di https://djponline2.pajak.go.id

      Delete
  59. Mohon maaf, kami akan menghapus segala komentar yang mengarahkan user mengakses ke situs lain selain situs resmi pajak.go.id
    Terima kasih.
    Admin.

    ReplyDelete
  60. Mohon bantuannya, saya lupa password dan kehilangan no EFIN, bagaimana solusinya ? tahun lalu sudah berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk reset password, Anda diwajibkan memasukkan no E-FIN dan NPWP Anda. Jika Anda kehilangan no EFIN maka Anda tidak akan bisa meminta password. Untuk itu saya sarankan Anda meminta pencetakan ulang E-FIN di KPP terdekat dengan membawa identitas dan kartu NPWP Anda.
      Jika Anda sudah mendapatkan nomor E-FIN dari KPP, silakan minta password dengan mengakses https://djponline.pajak.go.id/resetpass

      Delete
  61. Fantastic post but I was wanting to know if you could write a litte more on this subject? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Thanks! gmail email login

    ReplyDelete